Bagaimana Mengatasi Rambut Beruban Pada Usia Muda

............ ............
Dewasa ini banyak sekali kita temui orang-orang yang masih berusia muda tapi ternyata sudah mulai beruban rambutnya. Hal ini terjadi pada laku-laki maupun perempuan. Penyebab rambut yang beruban padahal usia yang masih muda di antaranya adalah karena adanya stres, faktor kerusakan rambut dan pola makan yang tidak sehat.


Rambut yang mulai beruban padahal usia masih muda tentu saja akan mengganggu penampilan. Lalu bagaimana mengatasinya ? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rambut beruban :

1. Berusahalah untuk mencegah stres
Seperti yang sudah disampaikan di atas, stres menjadi salah satu penyebab terjadinya uban pada rambut. Jadi untuk mengurangi resiko rambut beruban, anda harus bisa mencegah stres mendatangi anda. Berusahalah untuk selalu berpikir positif dan lebih santai. Serta anda juga bisa melakukan kegiatan seperti yoga, mandi air hangat juga melakukan kegiatan yang menyenangkan.

2. Berhenti merokok
Salah satu efek buruk dari merokok adalah rokok bisa memicu terjadinya penuaan dini pada rambut, sehingga membuat rambut menjadi lebih cepat beruban. Saat anda berhenti merokok, maka sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar sehingga kesehatan rambut lebih terjaga.


3. Mengurangi konsumsi makanan tertentu
Beberapa makanan seperti kafein, alkohol, makanan yang berasa pedas dan asam dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Uban akan lebih mudah terjadi bila bagian rambut dan kulit kepala kering dan tidak terjaga kelembabannya.

4. Mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung tembaga
Uban juga bisa timbul bila asupan tembaga kurang di dalam tubuh. Untuk menambah asupan tembaga dalam tubuh, anda bisa lebih sering mengkonsumsi makanan seperti lobak, ubi, bayam, daging, nanas, delima dan kacang almond.

5. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12
Vitamin B12 dapat mencegah timbulnya uban pada rambut. Asupan vitamin B12 yang cukup dapat anda daptkan melalui makanan seperti telur, kepitiing, salmon, ikan dan hati.

Sumber:
............ ............