Tips Hebat Untuk Meraih Kepuasan Konsumen

............ ............
Menjalankan sebuah bisnis, berarti mengharuskan anda untuk berhubungan dengan konsumen. Saat anda menawarkan barang atau jasa, anda harus bisa mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Namun yang tak kalah pentingnya adalah anda harus bisa mendapatkan kepuasan dari konsumen anda. Karena tingginya tingkat kepuasan konsumen akan semakin meningkatkan popularitas bisnis anda. Sehingga bisnis akan terus maju dan berkembang. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan kepuasan konsumen? Berikut tipsnya :


1. Produk yang bernilai dan berkualitas

Produk anda haruslah produk yang bernilai baik dan berkualitas baik pula. Jangan sampai konsumen merasa rugi telah membeli produk anda atau memakai jasa anda, karena ternyata produk atau jasa yang anda berikan tidak memuaskan mereka. Di sinilah riset pasar diperlukan saat produk pertama akan dihasilkan.

2. Memberi bukti yang meyakinkan

Saat anda berhasil memberikan bukti bahwa produk anda memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan memuaskan, maka calon konsumen akan merasa tertarik dan akan membeli produk anda. Dan setelah dia merasakan sendiri manfaat produk anda, dia akn merasa puas.

3. Layani calon konsumen dengan baik

Walaupun tidak menutup kemungkinan calon konsumen akan langsung akan membeli produk anda saat penawaran pertama, sering kali anda harus melakukan pendekatan dan penawaran yang cukup lama dan berulang kali. Dan anda akan sering mendapat pertanyaan dari calon konsumen anda. Tunjukkan kalau anda menguasai produk dan produk yang anda tawarkan benar-benar berkualitas dan bermanfaat.


4. Menerima komplain dengan baik

Konsumen tidak selalu puas dengan produk yang anda jual, ada kalanya ada konsumen yang merasa tidak puas. Di sini anda harus bisa menerima kommplain dengan baik dan memberikan solusi yang memuaskan konsumen. Sehingga anda bisa mengubah komplain konsumen menjadi kepuasan dan kepercayaan mereka kembali.

5. Bentuk jalinan komunikasi yang baik

Untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen dan calon konsumen, anda harus menyediakan waktu untuk menjalin komunikasi dengan mereka. Menyediakan waktu untuk menerima pertanyaan dan menjawab komplain akan sangat memuaskan mereka.

............ ............