Tips Rambut Cantik: 7 Cara Mencegah & Mengurangi Ketombe

............ ............
Ketombe merupakan salah satu masalah yang dikeluhkan oleh banyak orang. Ketombe sangat mudah dikenali dengan adanya serpihan putih yang muncul pada rambut dan bahu.Ketombe dapat disebabkan oleh banyak faktor. Kondisi ini sering menyebabkan gatal kronis di kulit kepala.

Kabar baiknya, ketombe dapat dicegah. Banyak produk yang menawarkan manfaat untuk menghilangkan dan mencegah ketombe datang kembali.
Berikut adalah tips untuk mencegah munculnya ketombe:
1. Keramas secara teratur.
Keramas secara teratur adalah cara termudah dan paling efektif untuk mencegah ketombe.
Dengan keramas, Anda akan membersihkan rambut, menyegarkan folikel rambut, mengurangi penumpukan minyak di kulit kepala, dan mencegah bertumpuknya sel-sel kulit kepala yang mati, yang kesemuanya dapat menimbulkan ketombe.
2. Berjemur di bawah sinar matahari.
Luangkan waktu setiap hari untuk berjemur di bawah sinar matahari selama beberapa saat.
Kulit tubuh membutuhkan sinar matahari untuk menghasilkan vitamin tertentu, tidak terkecuali kulit kepala.
Mendapatkan sedikit sinar matahari setiap hari di kulit kepala akan membantu membuatnya tetap sehat, namun Anda harus berhati-hati untuk menghindari luka bakar akibat sengatan matahari.
3. Berhenti atau mengurangi frekuensi penggunaan produk styling rambut.
Semua produk styling rambut, mulai dari gel hingga bentuk spray, ikut berkontribusi dalam produksi minyak di kulit kepala.
Semakin banyak menggunakannya, maka semakin besar pula kemungkinan ketombe akan muncul di kulit kepala.
4. Diet sehat yang seimbang dan olahraga secara teratur.
Nutrisi yang tepat dan olahraga secara teratur adalah dua hal yang paling penting yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh, termasuk dalam mencegah munculnya ketombe.
5. Mengurangi ketombe dengan bahan alami.
Anda dapat melakukan pencarian di internet tentang penggunaan bahan-bahan serta metode alami yang dapat mengurangi atau mencegah ketombe.
Beberapa bahan alami yang biasa digunakan untuk mengatasi ketombe adalah sampo yang berbahan dasar minyak pohon teh (tea tree oil) atau menambahkan suplemen zinc dengan dosis yang tepat ke dalam diet harian.
6. Cegah ketombe dengan menggunakan sampo anti ketombe.
Anda dapat juga menggunakan sampo anti ketombe untuk mencegah munculnya ketombe yang bisa di beli di toko obat atau di toko swalayan bahkan di warung kecil.
7. Sampo anti ketombe yang diresepkan dokter.
Jika sampo yang Anda beli di toko atau swalayan tidak dapat membersihkan ketombe, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan resep sampo ketombe khusus
............ ............