Mengenal AFFILIATE PROGRAM ATAU RESELLER PROGRAM

............ ............
Affiliate Program adalah marketing yang mengandalkan penggalangan komunitas untuk memasarkan produk. Sampai sekarang Affiliate Program termasuk salah satu cara terpopuler yang banyak dilakukan oleh para pebisnis online.


Bagaimana mekanisme kerjanya?
Misal, ada seorang pemilik situs web yang ingin menjual produk - produknya. Produk ini bisa berupa ebook, software, dan lain - lain. Nah, pemilik situs ini memiliki jaringan pemasar (baca= Affiliate Marketer) yang menjualkan produk- produk ini ini untuk para calon pembeli.
Jika para pemasar ini berhasil mendapat pembeli, atau berhasil menjualkan produk- produk tadi, maka ia mendapat komisi. Pemilik broduk yang menentukan besarnya komisi tersebut. Ada yang 25%, ada pula yang memberi 50% dari harga jual produk.
Para pemilik situs web ini biasa disebut affiliate merchant. Sedang para calon pembeli disebut leads atau prospects.


Agar lebih jelas, saya beri contoh konkret.
Saya punya situs bisnis misalnya bisnis-profit.com dan saya menawarkan affiliate/ reseller program. Katakanlah anda tertarik, lalu mendaftar di situs web tersebut dengan username "bisnisku". Pada saat mendaftar, anda harus mengisi form yang berisi nama, alamat, no. telpon, no. rekening, dll.


Kemudian saya menyodorkan affiliate agreement yang berisi kesepakatan tentang syarat dan ketentuan untuk menjadi affililate marketer di situs saya. JIka anda setuju dengan yang saya ajukan, anda akan mendapat affiliate link (web replika) atau alama http://www.bisnis-profit.com/?id=bisnisku. maka alamat web replika inilah yang harus anda promosikan.


Nah, jika suatu saat ada pengunjung yang membeli produk saya melalui link ini, anda akan mendapat komisi. Besarnya komisi yang saya berikan biasanya 50% dari harga jual produk. Jadi, misal, si pembeli membeli produk bisnis-profit.com seharga Rp.100.000.- maka anda mendapat komisi Rp.50.000.-


Dengan mengikuti affiliate program, anda tidak perlu memiliki sits web sendiri. Untuk menghasilkan uang, cukup
bergabung dengan situs web yang menawarkan program seperti ini.




Keuntungan bergabung dengan bisnis model ini:
1. Anda tidak perlu repot membuat produk.
2. Anda bisa memilih berbbagai affiliate program yang anda inginkan
3.Komisi yang ditawarkan program ini biasanya relatif tinggi
4. Anda bisa jadikan affiliate program ini sebagai sumber pendapatan pasif.

Demikian penjelasan singkat mengenai program afiliasi atau reseller program ini. Semoga bermanfaat.

Sumber:
............ ............