Tips Makeup Cantik untuk Kulit Sawo Matang

............ ............
Siapa bilang kulit sawo matang atau hitam manis menjadi terbatas dalam memilih warna make-up. Bila tahu tips dan triknya, padu dan padankan warna yang tepat maka kulit sawo matang bisa tampil cantik dan menawan. Mengaplikasikan make-up di atas kulit berwarna gelap bisa sedikit ‘tricky’ namun ada trik mudah untuk menonjolkan keindahan warna kulit gelap yang eksotis dengan gaya riasan alami. Berikut triknya :


1. Foundation
Pilihlah foundation atau alas bedak yang mengarah pada warna kuning. Jika anda menginginkan kulit lebih gelap, pilih alas bedak dengan dasar biru gelap. hindari memakai foundation dengan warna dasar berwarna merah, karena akan terlihat seperti kulit terbakar. Kulit gelap cenderung mudah berjerawat dan timbul komedo. Gunakan alas bedak berformula ringan (water based) hanya untuk membuat kompleksi kulit wajah lebih segar. Jika kulit Anda berminyak dan mudah mengilap, pilih alas bedak yang warnanya sedikit lebih gelap dari warna kulit. Warna yang terlalu terang akan membuat kulit tampak tidak merata.

2. Bedak
Kulit gelap cenderung terlihat berminyak karena efek pantulan cahaya dari kulit itu sendiri. Agar make-up tidak tampak “berat”, gunakan sedikit bedak bayi setelah menggunakan foundation. Miliki juga bedak warna “translucent”, yang dapat membuat wajah terlihat lebih “fresh” serta berguna untuk mengontrol kadar minyak. Pilihlah bedak yang berwarna satu tingkat lebih muda atau lebih tua dari warna kulit asli anda. Untuk memakai bedak tekan-tekan perlahan pada seluruh wajah leher dan telinga.

3. Blush-on
Sebaiknya tidak memilih Blush-on bewarna kemerah-merahan atau pink. Pilihlah yang berwarna peach, apricot atau keemasan pada kulit yang lebih gelap. Warna-warna ini akan membuat si hitam manis tampak lebih manis dan natural. Untuk pipi, pilih blush-on warna oranye, peach atau coklat keunguan. Sedikit sapuan bronzer pada tulang pipi, hidung dan dahi akan membuat kulit eksotis Anda tampak bersinar.

4. eye-shadow
Untuk menonjolkan kecantikan alami kulit gelap, pilih eyeshadow yang menegaskan warna mata. Pemilik kulit gelap biasanya memiliki warna mata hitam dan coklat tua. Jadi warna-warna seperti almond, burgundy-brown, copper dan bronze akan terlihat sangat bagus untuk kulit gelap. pilih warna eye shadow taupe (coklat ke abu-abuan). Anda juga bisa pilih eye shadow warna-warna tanah atau orange kecoklatan. Warna ini akan membuat riasan Anda lebih modern dan tidak terlalu polos.

Untuk make-up harian, pilih eyeshadow dengan sedikit efek shimmer untuk menonjolkan warna mata. Tapi jika lebih menyukai eyeshadow matte, basahi kuas terlebih dahulu, baru pulaskan pada mata agar warnanya lebih intens.

5. Lipstick
Untuk pemilihan warna lipstick pilihlah warna-warna yanag lembut atau nude, seperti coklat muda, softpink, atau plum gelap. Anda juga dapat meilih warna coklat yang gelap seperti warna kopi, toffee atau coklat keemasan atau lipgloss warna nude.
Kulit sawo matang juga dpat mengenakan warna merah jambu, asalkan Anda memilih nuansa yang cenderung gelap. Warna berry, rose dan plum muda dapat Anda pilih untuk warna kulit sawo matang. Gunakan nada dasar yang cenderung kekuningan dan hindari yang bernada dasar biru atau dingin.

6. Highlighter
Berfungsi untuk mempercerah rona kulit wajah anda.Gunakan di sekitar mata, hidung, di atas tulang pipi, dan sekitar atas bibir.

Tips tambahan yang berguna untuk menyempurnakan riasan untuk kulit sawo matang adalah “The Balancing Rules”. Yang perlu diingat adalah dominasi salah satu unsur. Pilih yang bisa menonjolkan kelebihan wajah, dan tentukan salah satunya. Contohnya, jika anda ingin menonjolkan warna lipstick karena bibir anda indah, akan lebih baik jika warna eye shadow lebih “redup” dari warna lipstick. Pilih yang mana yang akan lebih ditonjolkan.

Make-up atau tata rias yang cantik untuk si sawo matang bukan berarti merubah warna kulit sesaat dengan memakai alas bedak yang sangat muda sehingga membuat wajah dan kulit menjadi kontras belangnya. Tetapi dengan menonjolkan kelebihan dan menutupi kekurangan maka si kulit hitam manis pun bisa tampil selalu cantik dan menawan.

Sumber:
............ ............