Tips supaya baterai laptop awet

............ ............
Biasanya jika kita baru membeli laptop, kita lupa atau bahkan tidak tahu cara memperlakukan laptop dengan benar. Setelah laptop mengalami kerusakkan, anda baru tersadar bahwa kita menggunakannya kurang benar. Lebih baik mencegah daripada mengobati setelah terjadi kerusakkan,
Hal yang perlu anda ketahui jika baru membeli laptop adalah sebagai berikut :


Jangan langsung menggunakan laptop yang baru anda beli,
Saat masih baru biasanya laptop dalam keadaan kosong, anda harus mengisinya dahulu antara 4 - 8 jam sampai lampu indikator menunjukkan full ( biasanya dengan lampu berwarna biru atau hijau ), dan yang perlu anda perhatikan adalah saat pengisian laptop harus saat dalam keadaan mati.

Lepaskan adaptor jika pengisian baterai sudah penuh,
Menggunakan laptop dengan baterai dalam keadaan pengisian atau di charge dapat menyebabkan baterai bocor dan mempercepat umur baterai.

Hanya menggunakan laptop untuk keperluan mobile saja,
Apabila kita sedang menggunakan laptop di rumah atau di kantor untuk waktu yang lama, sebaiknya lepaskan baterai laptop dan gunakan listrik langsung. Karena kalau menggunakan laptop dengan baterai terpasang dan dalam pengisian, dapat menyebabkan kebocoran pada baterai dan laptop akan cepat panas sehingga masa pemakaian baterai akan lebih cepat.


Lepaskan baterai laptop jika tidak dalam pemakaian yang cukup lama,
Jika harus melepas baterai dari laptop, sebaiknya kita menyimpan di tempat yang kering dan sejuk. Jangan biarkan baterai tergeletak dalam keadaan sembarangan atau terkena sinar matahari langsung, karena bisa merusak komponen dalan baterai.

Jangan biarkan laptop tidak terpakai dalam keadaan yang sangat lama ( berbulan - bulan ),
Hal ini dapat menyebabkan baterai laptop kehilangan kapasitasnya, untuk menghindarinya cobalah menggunakan laptop minimal sebulan sekali.

Jika diperlukan, pasang kipas tambahan pada laptop,
Pemakaian laptop dengan waktu yang sangat lama, dapat menyebabkan suhu panas, suhu panas tersebut dapat menyebabkan kinerja baterai.

Setelah melakukan hal tersebut, diharapkan dapat mengurangi resiko kerusakan pada baterai laptop..

Sumber:
............ ............