7 Alasan Anda Harus Berhenti Minum Soda

............ ............
Soda dengan rasanya yang manis dan segar menjadi minuman favorit, apalagi soda adalah teman terbaik untuk makan di fast food yang menjamur. Namun mengkonsumsi soda yang terlalu banyak bisa merusak tubuh dan menyebabkan obesitas yang berlebih. Jika minuman soda masih menjadi favorit anda, simak beberapa alasan untuk berhenti meminumnya;


1. Mengandung Banyak Bahan Kimia
Jika Anda sedang diet dan berpikiran soda diet lebih baik daripada soda biasa, belum tentu. Apalagi yang namanya soda mengandung pemanis buatan, yang jika terlalu banyak dikonsumsi akan menyebabkan kanker.

2. Tak Ada Kalori
Alasan lainnya untuk berhenti minum soda adalah kandungan didalamnya. Periksa label minuman soda favorit anda, anda akan menemukan bahwa minuman soda memiliki banyak pemanis, namun bukan gula tapi pemanis buatan yang berasal dari sirup jagung fruktosa yang tinggi, daripada minum soda lebih baik diganti dengan jus buah.

3. Mempengaruhi Tulang
Sebuah penelitian dari Pusat Penelitian Osteoporosis Universitas Creighton pada tahun 2001 menyebutkan, mereka yang minum soda memiliki tulang yang lebih lemah, karena bahan di dalam soda akan mengeluarkan kalsium yang seharusnya di serap oleh tubuh.


4. Kafein
Minuman bersoda mengandung kafein, yang dapat menyebabkan masalah seperti insomnia, kecemasan, masalah perut, dan detak jantung yang tidak teratur. Walaupun untuk beberapa orang akan membuat tubuh tetap terjaga dan lebih segar.

5. Membuat Kecanduan

Kandungan gula dan kafein yang ada dalam soda berpotensi menjadi zat adiktif. Ketika anda berhenti akan muncul gejala seperti kegelisahan, ngidam, dan sakit kepala mungkin terjadi pada sebagian orang.

6. Kerusakan Gigi
Soda mengandung gula yang tinggi dan juga asam yang bisa merusak gigi. Kerusakan yang timbul pada gigi anak-anak biasanya karena terlalu banyak minum soda.

7. Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Gula buatan dalam soda dapat melemahkan sistem imun Anda bahkan sampai lima jam setelah Anda meminumnya, sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap kuman.

............ ............