Alergi, Apa dan Bagaimana ?

............ ............
Pagi itu, Fara membersihkan seluruh isi rumahnya yang ditinggal selama satu pekan. Belum berapa lama dia lantai menyapu rumahnya, tiba-tiba ia bersin-bersin dan batuk terus menerus hingga ia terpaksa memghentikan pekerjaannya. Atau mungkin ada di antara kita yang setelah selesai makan udang goreng, kulitnya terasa sangat gatal dan merah, kemudian bengkak-bengkak di beberapa bagian tubuhnya."


Kasus seperti ini dengan izin Allah SWT seringkali menimpa sebagian orang. Alergi merupakan reaksi tubuh terhadap faktor luar yang memicu timbulnya perubahan pada tubuh.

Penyebab dan Pencetus Alergi

Zat yang menimbulkan reaksi alergi atau yang biasa disebut dengan alergen dapat masu ke dalam tubuh melalui saluran nafas, saluran cerna, suntikan, atau menempel pada kulit, contohnya : tungau (atau dust mite, sejenis kutu pada debu rumah), spora jamur, bulu kucing, kecoak, susu, kerang, telur, kacang, ikan laut, kosmetik, dan logam seperti perhiasan dan jam tangan, vaksin, obat injeksi dll.

Pencetus alergi dapat berupa faktor fisik seperti dingin, panas, hujan, kelelahan, aktifitas yang berlebihan, tertawa menangis, atau olah raga. Dapat juga faktor psikis berupa kecemasan, sedih, stress atau ketakutan. Faktor hormonal juga dapat memicu terjadinya alergi pada orang dewasa.

Mencegah dan Mengatasi Alergi

Tips pencegahan dan menghindari alergi, diantaranya adalah :

  1. Kenalilah gejala alergi, hindarilah faktor-faktor yang menyebabkan gejala tersebut.
  2. Sebisa mungkin menghindari makanan atau zat menjadi penyebab alergi.
  3. Gunakanlah kain atau pakaian bersih untuk menghindari dabu atau kotoran.
  4. Gunakanlah sprei bersih. Cucilah sprei dan gantilah secara berkala.
  5. Jangan menggelar karpet atau bahan-bahan yang berbulu jika anak anda alergi debu atau bulu.
  6. Hindari dan kurangi tempat lembab di dalam rumah, karena debu, jamur dan tungau senang bersarang di tempat yang lembab.
  7. Berolahragalah secara teratur untuk memperkuat daya tahan tubuh.
  8. Jangan biarkan binatang peliharaan masuk ke ruangan atau kamar, jika ada riwayat alergi bulu binatang.
Salah satu pengobatan alami yang dianjurkan dalam penanganan alergi adalah dengan pemberin herbal, yang menurut banyak riset terbukti sebagai anti histamin alami, seperti Nigella savita atau jintan hitam. Minyak yang dibuat dari biji hitam dapat mengisolasi dithimoquinone. Minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella, yang dengan izin Allah SWT bermanfaat bagi penderita alergi.

Sumber:
............ ............