Cara Copas Artikel yang Aman dan Sesuai Etika

............ ............
Saat ini, blogger di Indonesia semakin banyak jumlahnya. Bermacam topik dan bahasan dari blog yang dipublish juga semakin beragam. Sayangnya seiring dengan bertumbuhnya blog di Indonesia, makin banyak pula blogger yang melakukan beberapa pelanggaran etika mengenai kaidah penulisan sebuah artikel.

Contohnya dengan semakin banyaknya Blogger yang mempublikasikan artikel orang lain dengan tanpa memberikan sumber asal artikel tersebut. Parahnya lagi banyak juga blogger yang asal copas sampai dengan 100%, dan tidak memberikan informasisumber artikelnya berupa live link (tautan langsung).

Penyebabnya bisa karena kesengajaan atau juga bisa jadi karena ketidak tahuan pelaku Copas (Copy Paste) artikel tersebut. Nah, berikut ini akan saya bagikan informasi mengenai etika pengutipan artikel secara online, alias sebagai bahan tulisan di blog Anda.
  • Artikel yang tidak boleh dikutip, baik itu sebagian ataupun keseluruhan, dengan pengecualian jika ada izin tertulis pemilik /admin situs.
  • Artikel boleh dikutip dengan tanpa harus minta izin pemilik artikel dengan syarat menyebutkan sumbernya berupa tautan. Poin kedua ini yang paling banyak berlaku di weblog.
  • Artikel yang boleh dikutip namun hanya untuk non-komersial. Maksudnya, bukan untuk diperdagangkan, misalnya untuk buku atau koran, jelas tidak diijinkan.
  • Artikel yang boleh dikutip juga dilakukan modifikasi.
  • Artikel boleh dikutip namun dilarnag melakukan perubahan sama sekali, tanpa ijin pemilik artikel.
Nah dari kelima poin tersebut, kiranya kita bisa lebih berhati-hati dalam melakukan kutipan pada sebuah artikel, sehingga tidak melanggar etika penulisan.

Sumber:
............ ............