Hati-hati Osteoporosis Gara-gara Diet !

............ ............
Tubuh langsing dan seksi menjadi dambaan setiap wanita. Sebagian besar wanita rela mengorbankan materi dan menjalankan program diet ketat demi mewujudkan impian tersebut.

Saking berambisinya, mereka terkadang tidak menghiraukan bagaimana pola diet yang sehat. Mereka hanya mengetahui bahwa berat badan adalah jumlah kalori yang masuk dikurangi jumlah kalori yang digunakan. Padahal masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi berat badan diantaranya genetik dan aktifitas sehari-hari.


Di negara-negara Barat, pada umumnya kaum wanita menjalankan program fat diet, pola diet dengan cara menghindari makanan yang mengandung kalori dan kalsium seperti susu, mentega dan keju, karena menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat. Padahal, pola diet tersebut dapat menyebabkan wanita berisiko terkena osteoporosis.

Informasi lainnya menyebutkan bahwa sekitar tiga juta orang di Inggris menerapkan pola diet semacam ini. Ditemukan lebih dari 230.000 kasus patah tulang setiap tahunnya. Pada sebuah penelitian yang melibatkan 4.500 wanita Inggris mengenai kebiasaan makan mereka diketahui bahwa 30 persen mengaku menghindari seluruh jenis makanan tersebut demi impian tubuh ramping.

"Riset terbaru ini menyoroti bahwa tampilan tubuh ideal harus dibarengi oleh tulang yang sehat. Di mana kalsium dan lemak memainkan peranan penting dalam membangun struktur tulang yang kuat. Sementara diet asal-asalan yang dilakukan dapat merapuhkan tulang Anda," ungkap seorang juru bicara dari National Osteoporosis Society.

"Ada banyak tekanan untuk menjadi langsing, tapi hal itu bisa dikompromikan apabila Anda tetap ramping, tetapi tulang Anda sehat. Jika Anda ingin tetap langsing, tetapi tulang anda tetap kuat cobalah produk susu rendah lemak yang kaya kalsium. Sebagai contoh, susu skim memiliki kalsium lebih tinggi dibanding susu full cream," ujarnya.

Sumber : telegraph.co.uk

............ ............