Menurunkan Berat Badan, Olahraga Atau Diet ?

............ ............
Kekhawatiran terhadap berat badan berlebih sering menjadi bahan pikiran setiap orang terutama wanita yang lebih sensitif dengan penampilannya. Untuk mengatasi kelebihan berat badan beberapa orang lebih memilih melakukan program diet yang ketat ketimbang berolahraga. Padahal kombinasi antara olahraga dan diet lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan hanya melakukan salah satu di antaranya.


Donald Hensrud, M.D dari Mayo Clinic menyatakan bahwa mengurangi asupan kalori lebih efektif untuk melawan kegemukan dibanding meningkatkan frekuensi olahraga.

Namun demikian, bukan berarti olahraga tidak perlu dilakukan, karena diet ketat tanpa olahraga tidak akan memberikan hasil yang optimal. "Dengan berolahraga, kelebihan lemak yang tidak bisa dikurangi dari diet bisa dibakar," kata Donald Hensrud.

Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa olahraga secara rutin membuat berat badan lebih stabil. Sedangkan mereka yang mengandalkan diet saja lebih mudah naik kembali berat badannya setelah program dietnya terhenti. Olahraga secara rutin juga dapat menekan nafsu makan sehingga membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

............ ............