Bagaimana Sebuah Bisnis Dikatakan Sukses

............ ............
Saat memulai sebuah bisnis sendiri, tentu anda ingin agar suatu saat nanti bisnis anda tersebut akan meraih kesuksesan. Dan tentu saja anda ingin agar kesuksesan itu bisa diraih secepat mungkin. Lalu sebenarnya bagaiman parameter sebuah bisnis bisa dikatakan telah mencapai kesuksesan? Ada banyak kriteria yang bisa digunakan untuk menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis. Beberapa kriteria tersebut antara lain adalah :


1. Bisnis tersebut telah berhasil menghasilkan keuntungan

Saat memulain sebuah bisnis, tentu anda akan mengeluarkan sejumlah modal usaha. Seiring berjalannya waktu, maka keuntungan dari usaha anda akan berhasi menutup modal yang telah anda keluarkan. Di saat kemudia bisnis mulai menghasilkan keuntungan melebihi modal yang sudah dikeluarkan itu, maka bisnis anda sudah memenuhi salah satu kriteria untuk dikatakan sukses.

2. Konsumen sudah mulai mencari-cari produk anda

Seiring perkembangan bisnis, maka produk anda akan mulai menuai popularitas. Bila kemudian anda tidak perlu lagi terlalu bersusah payah mempromosikan produk anda dan malah kemudian konsumen yang mencari dan memburu produk anda, maka kriteria bisnis sukses yang lain telah berhasil anda capai.

3. Anda tetap bisa menghasilkan uang bahkan saat anda sedang berlibur

Saat anda sudah bisa bersantai dan bebas meninggalkan bisnis anda untuk sementara waktu dan pergi ke untuk menikmati waktu anda namun bisnis tetap menghasilkan uang, maka sekali lagi salah satu kriteria bisnis yang sukses berhasil anda lewati.


4. Bisnis anda mulai mendapat perhatian umum

Perhatian umum ini bisa diwujudkan pada saat banyak orang membicarakan dan merekomendasikan bisnis anda atau saat tiba-tiba ada media massa yang datang untuk melakukan liputan pada bisnis yang anda jalankan.

5. Konsumen merasakan manfaat produk anda dan merekomendasikannya

Semakin banyak konsumen yang telah mencapai produk anda dan merasa puas dan kemudian ditambah dengan merekomendasikan atau menyarankan produk anda pada orang lain, maka sekali lagi bisnis anda bisa dikatakan mulai mencapai tahap kesuksesan.

6. Bisnis anda semakin berkembang dan menyerap banyak tenaga kerja

Bisnis yang anda jalankan semakin berkembang dan semakin besar sehingga anda harus merekrut karyawan atau menambah karyawan baru. Berarti bisnis anda sudah sampai pada kesuksesannya.

............ ............