Tips Ampuh Mencegah dan Menghilangkan Jerawat pada Tubuh

............ ............
Selain tumbuh di daerah wajah, jerawat juga bisa tumbuh di bagian lain seperti leher, bahu dan punggung. Untuk anda yang sering menggunakan pakaian yang terbuka pada bagian-bagian tadi, tentu saja munculnya jerawat akan mengganggu penampilan dan membuat kurang percaya diri.

Untuk mengatasi timbulnya jerawat di tubuh , anda bisa melakukan beberapa tips berikut :

1. Mandi dengan sabun yang tepat
Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat pada tubuh, adalah dengan menggunakan sabun yang tepat yaitu sabun dengan yang mengandung zat anti bakteri. Hindari juga bisa menghindari sabun yang mengandung parfum, karena bisa memperburuk kondisi kulit.

2. Kenakan baju yang longgar
Cara lain untuk mencegah timbulnya jerawat adalah dengan memakai pakaian yang longgar. Pakaian dengan bahan yang ringan seperti katun atau linen juga bisa anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk mencegah keringat yang keluar dari tubuh bisa keluar dengan lancar dan tidak terjebak di kulit. Terutama saat anda melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, sebaiknya memakai pakaian yang longgar dan tipis.

3. Mandi setelah beraktifitas
Pori-pori kulit akan tersumbat dan memicu timbulnya jerawat, bila membiarkan tubuh yang berkeringat seusai beraktivitas. Disarankan setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat untuk segera mandi. Bersihkan juga peralatan olahraga anda seusai anda gunakan.

4. Krim jerawat
Menggunakan krim jerawat juga akan membantu menghilangkan jerawat yang sudah timbul. Krim jerawat cocok digunakan bila jerawat yang terjadi hanya ada di beberapa bagian saja. Namun bila areanya lebih luas, anda bisa menggunakan semprotan anti jerawat.

5. Pengelupasan
Melakukan scrubbing dan menghilangkan sel kulit mati juga bisa mencegah timbulnya jerawat karena pori-pori yang tersumbat. Anda bisa menggunakan scrub gula dibandingkan dengan scrub garam karena teksturnya yang lebih ringan.

6. Pola makan
Konsumsi makanan juga bisa mempengaruhi timbulnya jerawat. Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung anti oksidan, vitamin dan omega 3 untuk membantu mencegah timbulnya jerawat. Buah-buah dan sayur-sayuran juga sangat bermanfaat, selain tu minumlah air putih yang banyak.

7. Hindari stres
Faktor psikologis seperti stres ternyata juga bisa memicu timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan stres bisa menyebabkan adanya respon peradangan pada kulit, sehingga memicu jerawat timbul.

Sumber:
............ ............