Kiat Bagaimana Menjadi Seorang Wirausaha yang Sukses

............ ............
Menjadi wirausaha dan memiliki usaha sendiri menjadi impian banyak orang. Karena dengan menjadi seorang wirausaha, seseorang bisa bekerja untuk dirinya sendiri dan bukan menjadi bawahan orang lain. Selain itu gerbang menuju kesuksesan menjadi terbuka lebar di depan..

Namun sering kali seseorang menjadi mengurungkan niatnya untuk membuka usaha sendiri dengan berbagai alasan. Alasan-alasan tersebut di antaranya adalah :

1. Modal

Untuk memulai suatu usaha, modal tentu saja menjadi salah satu hal pokok yang sangat diperlukan. Modal di sini biasanya identik dengan uang. Sehingga banyak orang beralasan tidak mau memulai usahanya karena dia tidak mempunyai uang yang cukup untuk memulai usaha. Walaupun sebenarnya modal untuk usaha tidak selamanya berarti anda harus memiliki uang yang banyak. Karena seringkali dengan mengandalkan jaringan dan potensi yang ada di dirinya, seseorang bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses.

2. Tak tahu bagaimana cara memulai usaha

Banyak orang yang ragu-ragu untuk memulai usaha sendiri karena tidak tahu bagaimana hal-hal yang harus dilakukan pertama kali. Disamping itu ketidakpastian akan hasil yang bisa diperoleh menjadi faktor lain yang mencegah seseorang berwirausaha. Terutama saat usaha sedang berjalan pada awal-awal waktu, biasanya masih belum bisa diandalkan hasilnya.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi kendala-kendala di atas? Seorang calon wirausaha sukses terlebih dahulu harus memiliki mind set yang baik dan siap untuk menjadi seorang wirausaha mandiri, yaitu :

1. Action

Menjadi seorang wirausaha berarti anda harus siap untuk mengambil tindakan. Anda harus segera melakukan langkah-langkah untuk menjadi wirausaha, dan tidak hanya berdiam diri sambil terus berpikir saja. Inisiatif anda sangat dibutuhhkan.

2. Creative


Daya kreativitas sangat diperlukan saat anda ingin berwirausaha. Tidak hanya kreatif dalam menciptakan produk berupa barang atau jasa, namun juga kreatif dalam segala hal termasuk dalam pengadaan modal sampai pada kreatif dalam memasarkan produk yang dihasilkan.

3. Trust

Seorang wirausaha haruslah seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang besar, yakin pada kemmampuan dan potensi dirinya. Serta bisa menjaga kepercayaan konsumen.

4. Independent

Dengan berwirausaha berarti anda sedang mewujudkan keinginan anda untuk menjadi seseorang yang bebas, bebas dari kekangan orang lain juga bebas dari sebuah sistem. Anda bebas untuk menentukan setiap keputusan yang anda buat dan apa yang anda lakukan.

5. Opportunity

Seorang wirausaha yang sukses adalah seorang yang memiliki kejelian dalam mengamati kondisi di sekitarnya, dan bisa mengubahnya menjadi sebuah peluang untuk menghasilkan sebah ide bisnis.

6. No Quit

Menjadi wirausaha berarti anda harus mempersiapkan mental anda. Karena tidak menutup kemungkinan akan ada banyak hambatan yang merintangi usaha anda atau bahkan beberapa kegagalan dalam menjalankan usaha. Anda harus siap menjadi seseorang yang tidak mudah menyerah dan berputus asa.

Sumber:
............ ............