Kelebihan Usaha Kecil yang Menarik

............ ............
Banyak orang ingin memiliki usaha sendiri. Untuk yang bermodal besar bisa saja langsung mendirikan usaha yang besar, namun untuk mereka yang memiliki sedikit modal maka membuat usaha kecil adalah solusinya. Namun jangan khawatir, karena sebenarnya usaha kecil juga memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan usaha besar. Berikut ini adalah kelebihan usaha kecil :


1. Modal yang tidak besar
Usaha kecil tentu tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Kisarannya adalah antara ratusan ribu sampai ratusan juta. Sebenarnya yang penting adalah bukan besarnya modal yang dimiliki, namun lebih kepada aksi atau tindakan yang langsung dilakukan untuk mewujudkan ide usaha yang dimiliki langsung ke dunia nyata. Dan dengan manajemen yang baik, maka modal yang kecil tersebut akan berkembang menjadi lebih besar.

2. Lebih tahan banting
Usaha kecil biasanya lebih tahan banting dibanding usaha yang lebih besar. Usaha kecil bisa bergerka lebih dinamis mengikuti perkembangan zaman termasuk saat sedang terjadi krisis.

3. Lebih cepat mengambil tindakan
Sebagai pemilik usaha, anda memiliki kewenangan untuk mengatr usaha anda. Bila anda ingin melakukan perubahan mengenai sesuatu hal, maka anda bisa segera melaksanakannya. Hal ini akan membuat usaha anda akan cepat berkembang dan maju.

4. Bisa lebih fokus pada konsumen
Usaha kecil cenderung lebih memperhatikan konsumennya, mereka lebih tahu bagaimana profil dan karakter pelanggannya. Hal ini akan membantu dalam usaha memberikan pelayanan yang lebih baik pada konsumen.

5. Memiliki tantangan yang menarik
Walaupun hanya berskala kecil, usaha kecil juga memiliki tantangan yang juga menarik. Anda yang menyukai tantangan akan sangat menikmati hal ini.

6. Mudah menyesuaikan diri dengan keadaan

Dengan struktur yang lebih sederhana, maka usaha kecil juga memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. Dia bisa denan cepat menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan zaman. Dan bisa lebih mudah mendorong terjadinya inovasi-inovasi baru yang bisa membuat maju usaha..

7. Berpartisipasi menggerakkan ekonomi kemasyrakatan
Usaha kecil lebih bersentuhan dengan masyarakat secara langsung. Usaha kecil secara umum juga banyak menyediakak lapangan kerja yang luas bagi masyarakat, khususnya yang ada di sekitarnya dan berperan aktif dalam menggerakkan ekonommi masyarakat.

8. Lebih bisa berinovasi
Inovasi bisa sangat berkembang dalam usaha kecil. Inovasi tersebut bisa meliputi dalam pengembangan produk, strategi pemasaran dan manajemen usaha. Selain itu inovasi juga lebih mudah dilakukan karena struktur perusahaan yang lebih sederhana.

9. Lebih fleksibel
Dinamis dan fleksibel adalah kelebihan lain dari usaha kecil. Usaha kecil bisa menyesuaaikan diri dengan perubahan yang terjadi di sekitarnya.

10. Adanya kebebasan
Sebagai pemilik usaha kecil, anda memiliki kebebasan untuk mengatur usaha anda, termasuk melakukan perubahan di sana-sini. Segala keputusan akan ada di tangan sendiri.

............ ............